Selasa, 15 Oktober 2019

Aspek utama Keamanan jaringan



Aspek Utama Keamanan Jaringan


  1. Convidentiality / Privacy : usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Privacy lebih ke arah data-data yang sifatnya privat sedangkan Convidentiality biasanya berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu ( misalnya sebagai bagian dari pendaftaran sebuah servis ) dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut. Contoh hal  yang berhubungan dengan privacy adalah e-mail seorang pemakai ( User ) tidak boleh di baca administrator. contoh confidential Information adalah data-data yang sifatnya pribadi  (Seperti nama, tempat tanggal lahir, social security number, agama, status perkawinan, penyakit yang pernah di derita, nomor kartu kredit, dsb) merupakan data-data yang ingin di proteksi penggunaan dan penyebarannya. contoh lain dari Convidentiality adalah data pelanggan dari sebuah Internet Service Provider ( ISP ). serangan terhadap aspek privacy misalnya adalah usaha untuk melakukan penyadapan  (dengan program sniffer ). Usaha usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Privacy dan Convidentiality adalah dengan menggunakan teknologi Kriptografi.
  2. Integrity : Aspek ini menekankan bahwa informasi tidak boleh di ubah tanpa seijin pemilik informasi. Adanya virus, trojan horse / pemakai lain yang mengubah informasi tanpa ijin merupakan contoh masalah yang harus di hadapi. sebuah e-mail dapat saja “ditangkap” ( Intercept ) di tengah jalan, di ubah isinya, kemudian diteruskan ke alamat yang di tuju. dengan kata lain, integritas dari informasi sudah tidak terjaga. penggunaan enskripsi dan digital signature, misalnya dapat mengatasi masalah ini. salah satu contoh kasus trojan horse adalah distribusi paket program TCP Wrapper ( yaitu program populer  yang dapat di gunakan untuk mengatur dan membatasi akses TCP/IP ) yang di modifikasi oleh orang yang tidak bertanggunhg jawab.
Mau tau lebih lanjut langsung klik link ini:https://fileku.co/Atd0yX
Sumber:https://lolitadewinovienty.wordpress.com/aspek-utama-keamanan-aringan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal & Jawaban nya

Soal Adminitrasi Infrastruktur Jaringan  1.Berapakah 1 byte (1b) itu...  a.1000 bits  b.1.000.000 bits  c.1000.000.000 bits  d.8000 bi...